Ciri-ciri Ikan Molly Balon Hamil: Mengetahui Tanda-tandanya!

molly fish

Ikan Molly Balon Hamil adalah ikan hias yang sering dipilih untuk dijadikan hewan peliharaan. Selain memiliki warna yang indah, ikan Molly Balon Hamil juga mudah berkembang biak. Namun, meskipun mudah berkembang biak, tidak semua ikan Molly Balon Hamil selalu hamil. Agar dapat mengetahui apakah ikan Molly Balon Anda hamil atau tidak, perlu diketahui ciri-cirinya. Berikut ini merupakan beberapa ciri-ciri ikan Molly Balon Hamil yang perlu diperhatikan:

1. Perut Memiliki Bentuk yang Lebih Bulat
Ikan Molly Balon Hamil biasanya memiliki perut yang lebih bulat dari biasanya. Hal ini disebabkan karena ikan Molly Balon Hamil sedang mengandung telur. Selain itu, perut ikan Molly Balon Hamil yang hamil cenderung terlihat lebih tebal dan juga lebih besar dari ikan Molly Balon biasa. Berbeda dengan jenis ikan hias lain yang memiliki perut yang datar, perut ikan Molly Balon Hamil memiliki kelenturan lebih dibandingkan dengan ikan lainnya.

2. Tepi Sirip Mulai Berwarna Merah atau Kuning
Ciri-ciri ikan Molly Balon Hamil selanjutnya adalah bagian tepi siripnya mulai berubah warna menjadi kemerahan atau kekuningan. Hal ini disebabkan karena ikan Molly Balon Hamil membutuhkan lebih banyak zat gizi agar telurnya berkembang dengan baik. Sedangkan warna merah atau kuning yang muncul pada tepi sirip ikan Molly Balon Hamil biasanya disebabkan oleh terdapatnya lebih banyak darah yang memenuhi bagian tersebut.

3. Terlihat Lebih Lembut
Perubahan pada kulit ikan Molly Balon Hamil yang hamil membuat ikan terlihat lebih lembut dan juga lebih halus. Warna pada ikan Molly Balon Hamil juga cenderung lebih cerah. Hal ini disebabkan oleh perubahan hormon pada tubuh ikan Molly Balon Hamil.

Baca juga:  Cara Agar Ekor Cupang Cepat Panjang

4. Mengeluarkan Telur
Ikan Molly Balon Hamil dapat menunjukkan ciri-ciri hamil ketika ia mulai mengeluarkan telur. Saat ia sedang hamil, biasanya ikan Molly Balon Hamil akan mengeluarkan telur di dalam akuarium. Biasanya, ikan Molly Balon Hamil yang siap bertelur akan menempelkan diri pada tanaman air atau berenang mendekati bagian paling atas dari akuarium.

5. Terlihat Lebih Lemah
Ciri-ciri ikan Molly Balon Hamil lainnya adalah ikan Molly Balon Hamil yang hamil terlihat lebih lemah karena ia membutuhkan banyak energi dan nutrisi. Ikan Molly Balon Hamil yang hamil biasanya akan terlihat lebih lemas dan juga kurang aktif.

6. Terlihat Lebih Terisolasi
Ikan Molly Balon Hamil yang sedang hamil biasanya terlihat lebih terisolasi dibandingkan ikan Molly Balon biasa. Hal ini disebabkan karena ikan Molly Balon Hamil yang sedang hamil memerlukan tempat yang lebih tenang dan juga aman untuk menyerahkan telurnya. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk memberikan penyekatan pada akuarium agar telur yang dikeluarkan oleh ikan Molly Balon Hamil tidak terbawa arus air dan membuat telurnya rusak.

7. Tepi Sirip Terlihat Mengerut
Saat sedang hamil, ikan Molly Balon Hamil biasanya akan menunjukkan adanya perubahan pada tepi siripnya. Bagian tepi sirip ikan Molly Balon Hamil yang hamil cenderung terlihat mengerut dan juga lebih tidak rata dibandingkan dengan ikan Molly Balon biasa. Hal ini biasanya disebabkan oleh terdapatnya lebih banyak membran pada tepi sirip tersebut.

8. Lebih Kolesterol Tinggi
Ikan Molly Balon Hamil cenderung memiliki cholesterol yang tinggi daripada ikan Molly Balon biasa. Kadar kolesterol yang tinggi ini memungkinkan ikan Molly Balon Hamil terhindar dari berbagai jenis penyakit. Hal ini artinya, ikan Molly Balon Hamil yang hamil lebih sehat dan kuat dari ikan Molly Hamil biasa.

Baca juga:  Cara Mudah Membedakan Ikan Gabus Jantan dan Betina untuk Pemula

9. Berperilaku Lebih Tenang
Ikan Molly Balon Hamil yang sedang hamil biasanya akan makan lebih sedikit dan berperilaku lebih tenang. Hal ini juga disebabkan oleh kenyataan bahwa ikan Molly Balon Hamil yang sedang hamil memerlukan lebih banyak waktu untuk istirahat dan juga merencanakan menu makanannya.

10. Perubahan Ukuran dan Bentuk Kepala
Ciri-ciri ikan Molly Balon Hamil terakhir yang perlu diperhatikan adalah perubahan pada ukuran dan bentuk kepala ikan Molly Balon Hamil. Kepala ikan Molly Balon Hamil yang sedang hamil cenderung terlihat lebih besar dan juga lebih membulat dibandingkan dengan kepala ikan Molly Balon biasa. Hal ini disebabkan oleh adanya pemodelan pada tulang kepala ikan Molly Balon Hamil saat ia sedang hamil.

Maka dari itu, dengan mengetahui ciri-ciri ikan Molly Balon Hamil tersebut, Anda akan lebih mudah untuk mengetahui apakah ikan Molly Balon Anda sedang hamil. Perlu diketahui, ketika mengetahui ikan Molly Balon Hamil, perawatan makanannya perlu diubah dengan cara memberikan makanan yang lebih banyak kandungan proteinnya. Selain itu, jangan terlalu sering mengganggu ikan Molly Balon Hamil terutama saat ia sedang mengeluarkan telurnya. Selamat mencoba!