Inilah 100 Jenis Sayuran dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Inilah 100 Jenis Sayuran dan Khasiatnya Bagi Tubuh
Inilah 100 Jenis Sayuran dan Khasiatnya Bagi Tubuh

Jiwapetani.com – Bila membahas tentang 100 jenis sayuran dan khasiatnya secara lebih spesifik, akan ada banyak uraian. Sebab, untuk satu jenis sayuran, kebanyakan memiliki khasiat bagi tubuh tidak hanya satu saja.

Sangat penting memahami khasiat setiap jenis sayuran sebelum dikonsumsi. Hal ini akan mempermudah ketika Anda kekurangan zat tertentu dalam tubuh, bisa langsung mengonsumsi sayur yang diperlukan.

Atau mungkin dalam kondisi sedang sakit dan tidak boleh terlalu banyak mengonsumsi zat tertentu. Jadi, nantinya bisa menghindari sayuran yang mengandung zat dilarang tersebut supaya kondisi tubuh semakin membaik. Mengenai 100 jenis sayuran, akan dibahas pada uraian berikut.

Inilah 100 Jenis Sayuran dan Khasiatnya Berdasarkan Kandungannya

Sebenarnya ada banyak kandungan zat dalam sayur yang memberkan beragam manfaat untuk tubuh. Inilah 100 jenis sayuran dan khasiatnya bagi tubuh yang dikelompokkan berdasarkan kandungannya:

1. Vitamin A

Pertama, sayuran yang mengandung vitamin A. Beberapa diantaranya ubi, wortel, brokoli, bayam, labu, kale, paprika merah, collard, lobak hijau serta selada. Khasiat dari vitamin varian A ini yaitu memelihara kesehatan kulit juga mata.

Selain itu, memperkuat tulang dan otot serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Sifat antioksidan yang dimiliki oleh vitamin A bisa mengurangi peradangan dan menangkal efek radikal bebas.

Baca juga: Benih Cabe Rawit Unggul Tahan Penyakit untuk Dibudidayakan

2. Vitamin B

Berikutnya 100 jenis sayuran dan khasiatnya yang mengandung vitamin B. Di antaranya ada bayam, kembang kol, mentimun, lobak, brokoli, asparagus serta selada romaine. Ketika Anda mengonsumsi vitamin B, tubuh akan terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Bila kekurangan vitamin ini, beragam risiko penyakit bisa timbul. Mulai dari radang pada bagian lidah, gigi berlubang, gangguan sistem syaraf, tubuh terasa sangat lemas. Ada banyak varian vitamin B atau kerap disebut dengan vitamin B kompleks.

Di antaranya B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, terakhir B12. Setiap varian ini memiliki khasiatnya masing-masing. Salah satu contohnya varian B9 berkhasiat dalam menjaga kesehatan janin dalam kandungan.

Ada lagi B12 membantu memproduksi sel darah merah, B6 menjaga metabolisme, B3 memastikan kinerja sistem syaraf, B2 menjaga kesehatan kulit dan mata. Varian B1 berfungsi sebagai sumber energi dan mendukung kesehatan syaraf.

3. Vitamin C

Daftar 100 jenis sayuran dan khasiatnya selanjutnya adalah yang mengandung vitamin C. Ada banyak sayuran yang mengandung vitamin C, antara lain paprika, cabai, brokoli, kembang kol, kale, kangkung, bayam, tomat serta kentang.

Baca juga:  Insektisida Kutu Kebul Terbaik dan Terampuh untuk Mengatasi Masalah Kutu di Rumah!

Ada lagi peterseli, labu, lobak, okra atau oyong, seledri, kacang kapri, pakcoy, bayam jepang, kubis brussel dan daun timi. Sayuran yang mengandung nutrisi ini mampu membantu menjaga serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Selain itu membantu proses penyembuhan luka dan memelihara kesehatan gigi maupun tulang. Khasiat lainnya, berperan sebagai antioksidan yang mampu mencegah kerusakan sel, menunjang fungsi organ otak dan jantung serta membantu penyerapan zat besi.

4. Vitamin D

Salah satu sumber vitamin D yang mudah ditemukan yaitu dari sinar matahari. Tapi, Anda bisa mendapatkannya melalui beberapa sayuran yang dikonsumsi. Seperti jamur, bayam, kedelai, kale, kubis serta brokoli.

Daftar 100 jenis sayuran dan khasiatnya yang mengandung vitamin D ini akan membantu meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh. Khasiat lainnya mampu mendukung kesehatan tulang serta menjaga kadar kalsium dalam darah.

Bila kekurangan vitamin D, berbagai permasalahan kesehatan bisa menyerang. Seperti kurangnya ketahanan imun, suasana hati buruk, brain fog dan mengganggu kesehatan tulang. Sebagai upaya pencegahan, konsumsi sayur yang mengandung vitamin D.

Baca juga: Inilah Takaran Dosis Prevathon Per Tangki yang Penting Dipahami

5. Vitamin E

Vitamin E mempunyai sifat antioksidan dan berkhasiat dalam menjaga sistem kekebalan tubuh. Anda bisa memperoleh nutrisi ini bila mengonsumsi sayuran bayam, paprika merah, daun lobak, brokoli, wortel, asparagus swiss chard, tomat serta labu.

Khasiat lainnya, dengan mengonsumsi sayuran tersebut, keremajaan kulit senantiasa terjaga. Vitamin E mampu membantu mengurangi risiko berbagai penyakit, seperti penurunan kognitif, kanker serta penyakit kardiovaskular.

6. Zat Besi

Daftar 100 jenis sayuran dan khasiatnya yang lain mengandung zat besi. Beberapa sayuran yang mengandung zat besi diantaranya jamur, kentang, tomat, bayam, kale, jantung pohon kelapa sawit, kol, brokoli dan tauge.

Ada lagi ubi, buncis, kacang polong, kedelai dan swiss card. Bila tubuh kekurangan zat besi, akan berpotensi mengalami anemia. Hal ini karena fungsi zat besi dalam tubuh memproduksi sel darah merah.

Beberapa risiko lainnya yang kemungkinan terjadi saat tubuh kekurangan zat besi yaitu tubuh mudah merasa lelah, sakit kepala, kulit terlihat pucat, palpitasi jantung, sakit lidah, napas pendek, kaki dan tangan terasa dingin serta nafsu makan hilang.

7. Asam Folat

Kandungan asal folat pada daftar 100 jenis sayuran dan khasiatnya bisa Anda temukan pada brokoli, kubis brussel, asparagus, bayam, kentang, lobak hijau, kale, tomat, bit, selada, wortel, pakcoy dan biji bunga matahari.

Baca juga:  Mengenal Lebih Dekat Ragam Tanaman Anggur Brazil yang Menakjubkan

Salah satu khasiat asam folat yaitu mampu membantu tubuh dalam membuat sel darah merah yang sehat. Selain itu juga bisa mencegah atau mengobati anemia defisiensi folat.

Sayuran dengan kandungan asam folat baik untuk ibu hamil karena akan membantu perkembangan janin dalam perut. Mulai dari perkembangan tengkorak, otak hingga sumsum tulang belakang.

Jadi, masalah perkembangan atau disebut sengan cacat tabung saraf seperti spina bifida mampu diatasi. Khasiat lainnya, mampu membantu mengurangi efek samping methotrexate, obat yang biasanya dipakai untuk mengobati radang sendi parah.

8. Kalsium

Selanjutnya adalah 100 jenis sayuran dan khasiatnya yang mengandung kalsium. Fungsi utama kalsium adalah menjaga kesehatan serta kekuatan tulang. Nutrisi ini tidak hanya bisa Anda temukan pada susu saja, tapi juga sayuran.

Di antaranya bayam, kale, daun turnip, daun bit, parsley, brokoli, kubis brussel, kecambah kedelai, ubi jalar, okra, sawi hijau, collard green dan tauge. Kesehatan tulang dipengaruhi oleh usia, di mana semakin bertambah kepadatan serta kekuatannya berkurang,

Jadi, perlu senantiasa dijaga, salah satunya dengan rutin mengonsumsi sayur yang mengandung kalsium. Tujuannya untuk meminimalisir berbagai permasalahan yang kerap dialami, seperti nyeri tulang, termasuk juga bagian sendi.

9. Kalium

Selain kalsium, kalium atau potasium juga tidak kalah penting peranannya dalam tubuh. Kalium berkhasiat dalam mendukung kesehatan ginjal, jantung hingga keseimbangan cairan tubuh.

Bagi orang dewasa, kalium diperlukan sebesar 4.700 mg, tapi seringkali tidak terpenuhi dengan baik. Kategori 100 jenis sayuran dan khasiatnya mengandung kalium ada ubi jalar, bayam, kacang putih, kacang hitam, edamame, kentang, swiss chard dan bit merah.

10. Karbohidrat

Kelompok sayuran terakhir adalah yang mengandung karbohidrat. Bila membahas tentang karbohidrat, yang sering muncul dalam pikiran pertama kali adalah nasi. Tapi sebenarnya Anda bisa mendapatkan nutrisi ini tidak hanya dari nasi saja, tapi juga sayur.

Seperti kentang, paprika, terong, tomat, timun, ubi jalar, buah bit, jagung, kacang merah, kacang polong serta labu madu. Khasiat karbohidrat yaitu menghasilkan energi, mengatur gula darah, serta meningkatkan kesehatan organ pencernaan.

Anda bisa mengolah berbagai sayur yang mengandung berbagai zat bermanfaat untuk tubuh tersebut menjadi makanan favorit. Pastikan ketika mengolah 100 jenis sayuran dan khasiatnya di atas dengan benar supaya nutrisi dalam tubuh tercukupi dengan baik.